Kinerja oraganisasi pada dasarnya merupakan tanggung jawab setiap
individu yang bekerja dalam organisasi, sehingga dapat dikatakan
kinerja organiasasi merupakan cerminan dari kinerja individu, dimana
kinerja individu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengetahuan,
keterampilan, kemampuan, motivasi dan peran.
Pada umumnya, pegawai atau karyawan bekerja dalam kelompok atau
tim, dimana kinerja tim dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
kohesivitas tim, kepemimpinan dalam tim, kekompakan tim, struktur tm,
seberapa besar peran tim, serta norma dalam tim.
Lima tanggung jawab utama yang harus dipenuhi oleh individu dalam organisasi untuk mencapai kinerja yang diinginkan antara lain:
- memberikan komitmen terhadap pencapaian tujuan;
- meminta umpan balik (feedback) atas kinerja yang telah ia lakukan;
- melakukan komunikasi secara terbuka dan teratur dengan manajernya;
- mendapatkan data kinerja dan membagi data itu kepada pihak lain; dan
- menyiapkan diri untuk dilakukan evaluasi atas kinerja yang telah ia capai.
Tanggung jawab
yang diberikan atasan kepada bawahan arus ada umpan balik, pemimpin
harus bisa memberikan arahan dan bimbingan terkait dengan hasil kinerja
seorang pewawai/karyawan yang telah diselesaikan. Hal ini dilakukan agar
karyawan/pegawai dapat mengetahui kesalahan (bila ada) agar kesalahan
tersebut tidak terulang kembali dalam penyelesaian tugas-tugas
berikutnya.
From: http://pakpakmedia.blogspot.com/2012/10/tanggung-jawab-setiap-pegawai-terhadap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarlah yang sopan agar anda di hargai..